Menikmati Kesejukan Hutan Kota di Wonogiri

Menikmati Kesejukan Hutan Kota di Wonogiri

Wonogiri adalah kota kabupaten yang terletak di ujung tenggara provinsi Jawa Tengah, berbatasan dengan Pacitan dan Yogyakarta. Wonogiri memiliki kontur yang bergunung-gunung dan memiliki tanah kapur. Jadi setiap musim kemarau hampir selalu mengalami kekeringan dan panas.

Oleh karena itu, Wonogiri memiliki hutan di selatan kota yang bergabung dengan proyek bendungan multiguna Gajah Mungkur untuk mengurangi suhu beberapa derajat. Orang Wonogiri biasa menyebut tempat ini Plaza. Tempat gratis ini buka 24 jam untuk semua lapisan masyarakat. Di dalamnya terdapat fasilitas lengkap seperti ruang sholat, kamar mandi dan tempat berlindung.

Apa yang bisa kamu temukan di sana? mari kita lihat

Hutan kota lebat sebagai habitat monyet

Hutan ini sangat lebat. Apa habitat monyet abu-abu yang bersarang dan mencari makanan. Tidak seperti monyet di tempat lain yang sering ingin menjarah tas atau makanan pengunjung, di sini mereka berperilaku lebih sopan. Mereka hanya menyaksikan pergerakan pengunjung dari cabang-cabang pohon saat mereka berteriak. Mereka tidak akan datang kepada kita. Kami dilarang mengganggu mereka karena mereka adalah hewan yang dilindungi.

Pemandangan paling indah, tentu saja, pada puncaknya. Untuk sampai di sana, Anda bisa menggunakan berbagai jenis kendaraan roda dua atau empat. Jalannya diaspal, meskipun tidak mulus. Garisnya sedikit naik, jadi berhati-hatilah saat melewatinya. Ketika Anda hampir berada di puncak, jangan mengeluh jika kendaraan Anda tergores karena ada banyak semak yang tumbuh di jalan.

Di atas hutan, Anda dapat melihat Waduk Gajah Mungkur Wonogiri yang hijau dan luas. Selain itu, kompleks pembangkit listrik tenaga air Wonogiri jelas terlihat dari kejauhan. Ada juga menara di sini yang dulunya berfungsi sebagai stasiun televisi relay. Tapi sekarang situasinya menyedihkan tanpa perawatan.

Di tempat yang strategis ada gazebo yang nyaman untuk beristirahat dan menikmati udara segar yang penuh oksigen.

Pernah menenggelamkan banyak desa

Ketika proyek pembangunan bendungan sedang berlangsung, ada 51 desa yang harus menerima kenyataan bahwa mereka akan tenggelam. Oleh karena itu, pemerintah pada saat itu memberikan solusi untuk meneruskannya secara keseluruhan melalui Bedhol Desa.

Sebagai bentuk peringatan bagi generasi berikutnya, pemerintah membangun sebuah prasasti yang terletak di sebelah timur hutan. Prasasti ini berbentuk tiga petani yang menyambut waduk dengan wajah sedih. Ini sebagai simbol perpisahan mereka dengan desa-desa mereka untuk bertransmigrasi keluar dari Jawa dengan harapan baru.

Juga, di sekitar patung ada sebuah amfiteater mini di depan patung. Anda dapat menggunakannya untuk beristirahat setelah perjalanan atau menikmati angin sepoi-sepoi yang bertiup dari selatan.

Jika Anda lapar atau haus, jangan khawatir karena di tempat ini ada beberapa warung yang menjual berbagai menu. Anda harus mencoba Pecel Pecel Wonogiri.

Menjadi tempat memancing favorit

Karena merupakan bagian dari Waduk Gajah Mungkur, hutan kota adalah tempat favorit untuk memancing. Area tanpa batas yang membentang dari timur ke barat memungkinkan Anda untuk menikmatinya di mana saja. Setiap kali Anda menemukan orang yang memancing, apakah mereka menggunakannya sebagai mata pencaharian atau hanya sebagai menyenangkan untuk menghabiskan waktu.

Jika Anda memiliki cukup uang, Anda dapat menyewa beberapa perahu nelayan untuk memancing di tengah waduk. Tarif sewa bervariasi, tergantung pada keterampilan negosiasi Anda.

Pengunjung yang datang tidak hanya dari masyarakat sekitar, banyak juga yang datang dari luar kota seperti Klaten, Solo atau Sragen. Mereka biasanya datang berkelompok dengan teman-teman yang bekerja bersama atau memiliki hobi yang sama. Kadang-kadang mereka juga mengadakan pesta kecil di tepi waduk yang tidak ada hubungannya dengan kegiatan memancing, dan beberapa bahkan membeli ikan dan memakannya bersama di sana.

Itu sedikit tentang hutan kota di kota Wonogiri. Selain menawarkan kesegaran dan pemandangan hijau yang tidak ditemukan di kota, tempat ini juga menawarkan kegiatan lain untuk menghilangkan kepenatan. Atau mungkin cukup malas untuk mengendurkan perasaan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *