Kedai Mak Jannah, Menu Komplit Khas Negeri Laskar Pelangi

Kedai Mak Jannah

Halo Travelovers! Mendengar keadaan Laskar Pelangi, juga dikenal sebagai Belitung, Anda tentu langsung membayangkan batu-batu besar dan pantai biru yang cerah, bukan? Aku juga! Pemandangan ini hanya bisa dilihat di wilayah Kepulauan Bangka Belitung.

Selain bisa mengamati pemandangan luar biasa dari Laskar Tanah Pelangi, jangan lewatkan kulinernya. Meskipun Belitung adalah sebuah pulau dengan tingkat imigran yang cukup tinggi, didominasi oleh ras Melayu dan Cina, di sinilah akulturasi budaya diciptakan, seperti makanan itu sendiri.

Nah jika itu masalahnya langsung ke intinya! Saya ingin merekomendasikan Travelovers ke salah satu toko legendaris sejak 1970, Kedai Mak Jannah Belitung.

Sebelumnya, lokasi Mak Mak Jannah ini berada di pasar Tanjung Pandan dan terus menjual di sana sampai pelanggan terus berdatangan. Kemudian, dalam tiga tahun terakhir, Kedai Mak Jannah yang legendaris telah difasilitasi oleh pemerintah setempat untuk membuka warung di area perbelanjaan Parit Tanjung Pandan Belitung, tepat di sebelah kedai kopi Ake yang legendaris.

Jika Travelovers telah memenuhi toko ini yang hanya buka dari pukul 07:00 hingga 14:00, pesan saja menu spesial Belitung! Berikut ini adalah rekomendasi menu khas Belitung yang patut dicoba Travelovers di Kedai Mak Jannah:

Suto Belitung

Sepintas, terlihat seperti kue beras dengan sayuran pada umumnya, tetapi suto Belitung ini berbeda. Suto atau soto berisi potongan kue beras atau belah ketupat, mie sohun, potongan daging sapi dan kentang dan kemudian saus santan dituangkan dan diisi dengan kaldu udang. Yum! Juga, menyajikan kentang goreng di atas kentang membuat saya lebih ngiler. Menu ini sangat cocok untuk sarapan, terutama saus santan pedas yang membuat kami lebih bersemangat di pagi hari. Harga sebagian suto Belitung dihargai Rp. 22.000.

Mie belitung

Salah satu pilar utama Belitung adalah mie nya. Mie Belitung sendiri tidak jauh berbeda dengan isi suto Belitung dengan mie kuning, kentang goreng, potongan udang, irisan mentimun, dan jangan lupa taburkan keripik di atasnya. Isi diisi dengan kaldu tebal kaldu udang yang merupakan ciri khas Negara Laskar Pelangi. Plus, itu dikemas dengan jus jeruk segar, yum! Menu mie ini cocok untuk menu makan siang Travelovers mengunjungi Belitung.

Kunci oranye

Salah satu buah yang diprediksi adalah ciri khas Pulau Belitung, yang merupakan jeruk kunci. Buah ini umumnya penyedap untuk makanan atau minuman. Orange Key Ice benar-benar sesuatu yang harus dicoba oleh Travelovers sebagai teman makan yang berat. Selain asam khasnya, saya jamin bahwa Travelovers belum pernah mencicipi jeruk seperti ini sebelumnya!

Kopi belitung

Kita perlu tahu bahwa budaya orang Bangka Belitung sedang disalin. Maka, kopi khas Belitung lahir di mana-mana. Wisatawan juga dapat memesan kopi Belitung di Kedai Mak Jannah. Sempurna untuk menyalin di pagi hari sebelum berburu pantai yang eksotis!

Harga dua minuman di atas dihargai Rp 10.000 per gelas.

Saat ini, Kedai Mak Jannah adalah salah satu tempat wisata kuliner yang cukup terkenal dan melekat di hati para wisatawan. Hal ini ditunjukkan oleh banyaknya pengunjung yang berbondong-bondong mencicipi hidangan khas kuliner Belitung. Jadi Travelovers akan mudah bertemu di toko legendaris ini. Jika beruntung Travelovers akan bertemu langsung dengan pendiri mereka, yaitu Mak Jannah sendiri seperti saya ketika berkunjung ke sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *