Jenis Kain dan Bahan untuk Pembuatan Jaket, Rompi, dan Sweater

Jenis Kain dan Bahan untuk Pembuatan Jaket

Untuk membuat pakaian perlu diketahui jenis bahan yang akan digunakan untuk menyesuaikan dengan jenis pakaian dan juga kualitas yang diinginkan. Berikut ini adalah panduan tentang jenis kain dan bahan untuk membuat pakaian sesuai dengan jenis pakaian yang akan dibuat. Ini adalah jenis bahan yang biasa digunakan dalam pembuatan jaket, rompi atau sweater.

Bahan untuk jaket, rompi, dan sweater

Taslan

Kain taslan terkenal dengan bahan tahan airnya. Bahan Taslan sangat kuat untuk menahan angin dan menjaga angin terhadap tubuh, sehingga sering digunakan sebagai rompi atau jaket untuk berkendara dengan sepeda motor. Meski kuat, bahan Taslan ringan, tidak mudah kusut, dan mudah dilipat.

Despo

Kain despo adalah jenis kain jaket, yang merupakan jenis kain parasut tetapi memiliki tekstur yang lebih halus. Bagian ini sangat rendah serat dan cenderung terasa licin. Bahan ini tidak mudah kusut

Parasut

Kain parasut adalah bahan yang dikenal sangat tipis dan relatif tahan air. Berdasarkan sifatnya yang tahan air, kain ini sangat cocok untuk digunakan di musim hujan untuk melindungi diri dari percikan air. Bahan baku yang digunakan dalam pembuatan kain parasut adalah poliester. Jenis bahan ini berasal dari serat sintetis yang merupakan serat serat poli. Bahan ini tidak bisa menyerap keringat, sehingga tidak cocok untuk digunakan di udara panas. Sangat mudah dibersihkan, cepat kering dan tidak menimbulkan bau. Secara umum, bahan parasut mengandung plastik, tetapi rata-rata bahan parasut dengan jenis yang berbeda memiliki kualitas yang berbeda satu sama lain.

Kanvas

Kain kanvas adalah jenis kain yang tebal, berserat dan sangat tahan. Bahan ini juga digunakan untuk membuat lukisan. Kain kanvas digunakan untuk berbagai barang, mulai dari tas, sepatu, jaket, dan lainnya. Kain ini kuat dan tahan lama meskipun terbuat dari katun atau linen. Selain kapas atau linen, ada bahan kanvas sintetis seperti poliester yang dicampur dengan kapas.

Terry / Baki

Kain mewah atau sering juga dikenal sebagai kain bayi mewah adalah jenis kain yang berasal dari katun, sehingga tekstur kain ini sangat lembut. Handuk bayi cukup tebal tetapi lembut. Interior tanpa bulu dan selimut lembut membuat jenis bahan ini sangat diinginkan untuk jaket. Bahan ini juga digunakan untuk sweater wanita, jumper atau jaket. Kain ini memberikan sensasi hangat dan berfungsi untuk menahan suhu tubuh, sehingga penggunaannya akan tetap terasa hangat bahkan di udara dingin.

Baca juga : Jasa Konveksi Kaos

Wol

Kain bulu adalah produk tekstil yang merupakan tiruan dari wol. Ciri khas dari bahan bulu domba adalah memiliki benang yang lebih ringan dan lebih terang (lebih cerah). Bulu cukup lembut untuk dipakai dan nyaman dipakai. Fleece memiliki keuntungan karena tidak terlalu panas, ringan dan lembut. Selain sering digunakan sebagai bahan untuk sweater dan jaket, bahan bulu juga bisa digunakan untuk membuat celana training karena bahannya tidak panas sehingga sirkulasi udara terjaga dengan baik saat digunakan.

Diadora

Diadora atau juga disebut bahan DDR sering digunakan untuk membuat jaket olahraga atau jaket pelatihan di berbagai olahraga. Bahan diadora memiliki karakteristik di bagian luar, rasanya halus dan terlihat mengkilap (memantulkan cahaya) pada permukaan material, dan di bagian dalamnya terasa lembut, hangat tetapi masih bisa menyerap keringat, walaupun penyerapannya tidak setinggi kain katun. Bahan ini cukup terjangkau dan ekonomis.

Adidas

Nama-nama bahan adidas terus sebagai merek Adidas, karena bahan ini memiliki karakteristik yang sama dengan bahan jaket yang mirip dengan perusahaan Adidas. Bahan ini biasa digunakan untuk sweater, jaket dan pakaian olahraga. Bahan ini lebih tebal dari bahan untuk jaket olahraga lainnya. Sangat elastis dan hangat saat digunakan, mampu menyerap keringat tetapi daya serap rendah.

Teratai

Bahan lotre memiliki karakteristik yang hampir mirip dengan bahan diadora. Teksturnya halus, lembut dan elastis, tetapi ketebalannya sama dengan kapas.

Kulit

Kulit bisa digunakan untuk membuat jaket atau rompi jenis ini. Kulit memiliki beberapa varian dan jenis, ada kulit imitasi atau kulit binatang seperti kulit sapi. Secara umum, industri jaket kulit menggunakan kulit sintetis dengan biaya yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan bulu hewan. Untuk pembuatan jaket kulit kami memiliki kulit Liberty atau kulit Caleb.

Dapatkan informasi tentang jasa konveksi terbaik di Indonesia di Konveksi Jogja. Siap melayani jasa konveksi baju, kaos, jaket, dan lainnya. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *