Candi Borobudur, Akses, Aktivitas, Harga Tiket

Candi Borobudur

Wisata Candi Borobudur adalah wisata sejarah. Ini karena Candi Borobudur adalah salah satu keajaiban dunia yang merupakan kebanggaan Indonesia. Bahkan, UNESCO menyebutkan bahwa peziarah Budha mengunjungi monumen dan kompleks stupa terbesar di dunia pada abad 9-11. Selanjutnya, dinding Candi Borobudur dipenuhi dengan 2.672 relief anel.

Relief ukiran di dinding dibagi menjadi 4 lantai, yaitu Karmawibangga, Jataka dan Awadana, Lalita Wistara dan Gandawyuda. Relief ini mencatat perkembangan masyarakat Jawa dan perjalanan kehidupan Buddha Gautama. Salah satu relief berbentuk kapal di Candi Borobudur bahkan digunakan sebagai model untuk membuat replika kapal yang digunakan untuk menavigasi Rute Cinamon dari Jawa ke Afrika.

Menurut prasasti Kayumwungun pada tanggal 26 Mei 824, Candi Borobudur dibangun oleh Raja Samaratungga sekitar tahun 8-9 Masehi. C. Pembangunan candi ini dilakukan oleh seorang arsitek bernama Gunadharma selama 75 tahun. Candi ini adalah bukti kuat bahwa peradaban Jawa telah berkembang dengan kuat.

Datang ke Candi Borobudur, Anda akan ditawari kemegahan bangunan. Anda juga dapat menikmati matahari terbit dan matahari dari sini, terutama di pagi hari ketika sinar matahari menghantam stupa dan patung. Pada saat itu, Anda akan kagum pada kemegahan candi.

Baca juga : Travel Semarang Pati

Harga tiket untuk Candi Borobudur

Untuk menikmati salah satu keajaiban dunia, harga yang dikenakan kepada pengunjung murah, nak. Namun harganya cukup bervariasi.

Turis domestik membayar Rp30.000 untuk orang dewasa dan Rp12.500 untuk anak-anak. sedangkan untuk turis asing, sekitar USD 20 orang dewasa dan USD 0 untuk anak-anak. Harga berubah lagi jika merupakan kelompok kunjungan sekolah yang memiliki diskon 10% dengan jumlah minimum 30 anak.

Tamasya di Candi Borobudur dapat dimulai dari jam 6:00 pagi sampai jam 5:00 malam WIB.

Aktivitas Candi Borobudur

Candi ini memiliki stupa terbesar di tengah candi yang dikelilingi oleh 72 stupa. Anda dapat datang dan mencoba melingkari stupa ke atas. Atau Anda bisa menggunakan sepeda atau gajah yang disediakan oleh manajer. Sementara untuk anak-anak ada kereta kelinci di halaman kuil. Lebih penting lagi, di Candi Borobudur, Anda akan menemukan banyak ingus terbaik untuk mengambil foto.

Rute ke Candi Borobudur

Candi Borobudur dekat dengan beberapa kota besar seperti Solo, Jogja, dan Semarang, sehingga ada beberapa rute yang bisa ditempuh untuk sampai ke Candi Borobudur.

Baca juga : Travel Semarang Solo

  • Kendaraan pribadi

Menggunakan kendaraan pribadi tentu lebih menyenangkan daripada menggunakan transportasi umum karena Anda dapat menempuh rute apa pun untuk sampai ke kota terdekat Magelang. Jika Anda telah mencapai kota ini, Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak tanda di jalan, cukup ikuti saja.

  • Kendaraan umum

Penggunaan kendaraan umum sebenarnya lebih bermasalah karena posisi Candi Borobudur agak sulit dijangkau dengan angkutan umum. Jika Anda datang dari utara, Semarang Anda dapat menggunakan bus dan turun di terminal kota Magelang. Juga, menggunakan bus transportasi kota.

Jika Anda datang dari Yogya, Anda bisa turun di terminal kota Muntilan dan menggunakan bus transportasi kota yang menuju ke Candi Borobudur. Dan dari kota Solo, Anda bisa menggunakan jalur selatan kota Yogya atau rute utara Salatiga.

Dari jalur utara, Anda dapat menggunakan bus umum yang menuju Solo-Semarang, melewati Salatiga dan tiba di Bawen. Dari sini terus naik bus umum yang menuju Semarang-Yogya dan turun di kota Magelang. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan dengan bus kecil atau ojek motor online. Nikmati tamasya candi Borobudur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *